Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Bahasa Indonesia SMP/MTs
Kelas VIII, Semester 1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan berbentuk
laporan
|
1.1 Menganalisis laporan
1.2 Menanggapi isi laporan
|
Berbicara
2. Mengungkap berbagai informasi melalui
wawancara dan presentasi laporan
|
2.1 Berwawancara dengan narasumber dari
berbagai kalangan dengan memperhatikan etika berwawancara
Menyampaikan
laporan secara lisan dengan bahasa yang baik dan benar
|
Membaca
3. Memahami ragam wacana tulis dengan membaca memindai, membaca cepat
|
3.1 Menemukan informasi secara cepat dan tepat
dari ensiklopedi/buku telepon dengan membaca memindai
Menemukan tempat
atau arah dalam konteks yang sebenarnya sesuai dengan yang tertera pada denah
Menyimpulkan
isi suatu teks dengan membaca cepat 250 kata per menit
|
Menulis
4. Mengungkapkan informasi dalam bentuk laporan,
surat dinas, dan petunjuk
|
4.1 Menulis laporan
dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar
4.2 Menulis
surat dinas berkenaan dengan kegiatan sekolah dengan sistematika yang tepat
dan bahasa baku
4.3 Menulis
petunjuk melakukan sesuatu dengan urutan yang tepat dan menggunakan bahasa
yang efektif
|
Mendengarkan
5. Mengapresiasi pementasan drama
|
5.1 Menanggapi
unsur pementasan drama
5.2
Mengevaluasi pemeran tokoh dalam pementasan drama
|
Berbicara
6. Mengungkapkan pikiran dan perasaan dengan bermain peran
|
6.1 Bermain peran sesuai dengan
naskah yang ditulis siswa
Bermain
peran dengan cara improvisasi sesuai dengan kerangka naskah yang ditulis
siswa
|
Membaca
7. Memahami teks drama dan novel remaja
|
7.1 Mengidentifikasi unsur intrinsik teks drama
7.2
Membuat sinopsis novel remaja Indonesia
|
Menulis
8.
Mengungkapkan pikiran dan perasaan melalui kegiatan menulis kreatif naskah drama
|
8.1 Menulis
kreatif naskah drama satu babak dengan
memperhatikan keaslian ide
Menulis
kreatif naskah drama satu babak dengan
memperhatikan kaidah penulisan naskah drama
|
Kelas VIII, Semester 2
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
9.
Memahami
isi berita dari radio/televisi
|
9.1 Menemukan
pokok-pokok berita (apa, siapa, di
mana, kapan, mengapa, dan bagaimana) yang didengar dan atau ditonton melalui radio/televisi
Mengemukakan
kembali berita yang didengar/ ditonton melalui radio/televisi
|
Berbicara
10.
Mengemukakan
pikiran, persaan, dan informasi melalui kegiatan diskusi dan protokoler
|
10.1 Menyampaikan
persetujuan, sanggahan, dan penolakan
pendapat dalam diskusi disertai dengan bukti atau alasan
Membawakan acara dengan bahasa yang baik
dan benar, serta santun
|
Membaca
11.
Memahami
ragam wacana tulis dengan membaca
ekstensif, membaca intensif, dan membaca nyaring
|
11.1 Menemukan masalah utama dari beberapa
berita yang bertopik sama melalui membaca ekstensif
11.2 Menemukan
informasi untuk bahan diskusi melalui membaca intensif
11.3 Membacakan
teks berita dengan intonasi yang tepat serta artikulasi dan volume suara yang
jelas
|
Menulis
12.
Mengungkapkan
informasi dalam bentuk rangkuman, teks
berita, slogan/poster
|
12.1 Menulis rangkuman isi buku ilmu
pengetahuan populer
12.2 Menulis teks berita secara singkat,
padat, dan jelas
12.3 Menulis
slogan/poster untuk berbagai keperluan
dengan pilihan kata dan kalimat yang bervariasi, serta persuasif
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Mendengarkan
13.
Memahami
unsur intrinsik novel remaja (asli
atau terjemahan) yang dibacakan
|
13.1 Mengidentifikasi
karakter tokoh novel remaja (asli
atau terjemahan) yang dibacakan
Menjelaskan
tema dan latar novel remaja
(asli atau terjemahan) yang
dibacakan
Mendeskripsikan
alur novel remaja (asli
atau terjemahan) yang
dibacakan
|
Berbicara
14.
Mengapresiasi
kutipan novel remaja (asli atau terjemahan) melalui kegiatan diskusi
|
14.1 Mengomentari kutipan novel remaja (asli
atau terjemahan)
14.2
Menanggapi hal yang
menarik dari kutipan novel remaja (asli atau terjemahan)
|
Membaca
15. Memahami buku novel
remaja (asli atau terjemahan) dan antologi puisi
|
15.1 Menjelaskan
alur cerita, pelaku, dan latar novel
remaja (asli atau terjemahan)
15.2 Mengenali ciri-ciri umum puisi dari buku antologi
puisi
|
Menulis
16.
Mengungkapkan pikiran, dan
perasaan dalam puisi bebas
|
16.1 Menulis
puisi bebas dengan menggunakan pilihan kata yang sesuai
16.2 Menulis
puisi bebas dengan memperhatikan unsur persajakan
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar